ABSTRAK
Keberadaan Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur adalah sebagai suatu
lembaga yang menghasilkan tenaga pendidik dalam bidang Teknologi
Kejuruan baik di dalam persekolahan maupun di luar persekolahan.
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur tidak semua berminat
untuk menjadi tenaga pendidik di dunia Pendidikan Menengah Kejuruan.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana minat mahasiswa
terhadap profesi Guru dan Arsitek. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di kampus
Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur FPTK-UPI, dengan populasi
mahasiswa JPTA yang telah menyelesaikan Mata Kuliah Profesi (MKP) dan
Mata Kuliah Keahlian (MKK) berjumlah 42 orang. Data minat mahasiswa
terhadap profesi Guru dan Arsitek didapat dengan teknik
kuesioner/angket. Hasil penelitian, didapat persentase dari minat
mahasiswa terhadap profesi Guru sebesar 62,29% termasuk dalam kategori
tinggi dan minat mahasiswa terhadap profesi Arsitek sebesar 78,38%
termasuk dalam kategori tinggi. Minat mahasiswa Jurusan Pendidikan
Teknik Arsitektur cenderung menjadikan Arsitek sebagai profesi utama
yang akan dijalani.
DOWNLOAD
DAFTAR ISI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar