Rabu, 29 Agustus 2012

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PUISI

ABSTRAK
 
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kurang mampu menulis puisi secara baik, disebabkan baik dari model belajar yang hanya terpaku pada ceramah yang dilakukan oleh guru, ide awal dan diksi-diksi yang akan dituliskan dalam puisi bahkan pembelajaran sastra dirasakan sangat sulit dan membosankan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran yang diperoleh dari pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Dalam upaya mengatasi masalah tersebut dilakukan penggunaan model pembelajaran yaitu dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) ini diharapkan mampu memudahkan siswa dalam menulis puisi karena model pembelajaran ini berawal dari masalah nyata yang ada di lingkungan mereka, sehingga siswa proses kreatif dalam menulis puisi dapat mengalir dengan mudah dan ekspresif.    Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian tindakan kelas ini di dalamnya mencakup deskripsi perencanaan tindakan pembelajaran menulis puisi dengan model pembelajaran PBL, pelaksanaan tindakan pembelajaran menulis puisi dengan model pembelajaran PBL, dan hasil menulis siswa dengan model pembelajaran PBL. Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus, menunjukkan bahwa penggunaan model PBL (Problem Based Learning) dalam pembelajaran menulis puisi terbukti efektif meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa pada setiap siklusnya. Siklus satu nilai rata-rata siswa untuk menulis puisi adalah 59,375. Siklus kedua mengalami peningkatan menjadi 68,75. Pada siklus terakhir atau ketiga mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 81,25. Melihat hasil dari ketiga siklus di atas, pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan PBL (Problem Based Learning) sebagai model pembelajaran pada siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 16 Bandung dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa, dan penggunaan model pembelajaran ini dapat menjadi alternatif bagi guru untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran menulis lainnya.
 
DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar